Sponsor

Minggu, 26 Mei 2013

Alimpaido, semacam olimpiade permainan anak Sunda

Hari ini  berkesempatan untuk melihat "Alimpaido 2013" apa itu? Festival Permainan Tradisional Jawa Barat, atau dalam bahasa Sundanya "Festival Kaulinan Sunda". Seumur-umur tinggal di Jawa barat baru tau deh ada festival seperti ini hehehehe =D.

dan pada tahun 2013 ini Kota Cimahi mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan event "Alimpiado" ini.

Ngobrol-ngobrol dengan salah satu anggota Dewan Kesenian Cimahi (DKC) ternyata Alimpaido itu secara "maksa' =) bisa disebut juga olimpiadenya permainan anak-anak Sunda. Nama tersebut, Alimpaido, plesetan dari kata olimpiade, sedangkan alimpaido dari bahada Sunda yang artinya alim (tidak mau) paido berarti dibohongi. Alimpaido bisa diartikan tidak mau curang (belajar kejujuran) itulah nama hakiki permainan anak-anak yang syarat nilai budaya dan kreatifitas kesundaan.
Pada festival Alimpaido tersebut ada beberapa jenis permainan tradisional yang dilombakan yaitu : patikleuk/jajangkungan (egrang), kelom batok, rorodaan (bermain roda), engklekan (engklek/sondah), sorodot gaplok, perepet jengkol, gatrik, panggal (gasing), bebeletokan (bedil jeprtet dan sumpit).




Peserta Alimpaido adalah anak-anak dengan usia maksimal 15 tahun. Yang menarik dari Alimpaido adalah penilaian kepada pemenang terdiri dari Terkreatif, Terunik, Tertangguh, Terkuat, Terbodor, Tersemangat, Terberani, Terkeren, Terkasih, Terhebat, Terpoptimis, Terfavorit, Terbaik, Terheboh, Tersportif, Tersantun, Terfairplay, Tergesit, Terlugu, Terrajin, Termuda dan Tertua. =)

Kami berkesempatan eksis narsis dengan peserta Alimpiado yang akan bertanding


Sampai ketemu di Alimpaido tahun depan =).

Tidak ada komentar: