Sponsor

Senin, 23 Maret 2009

Waspada Jalan jalan Di Bandung (untuk pejalan kaki )

Jalan jalan di Bandung apalagi diseputaran Dago, Gedung sate, Diponegoro..babakan siliwangi dan taman sari atau jalan jalan yang masih teduh dengan pepohonan emang menyenangkan. selain sehat...berasa kayakk turis khann halah halah..

Tapi bahkan saat jalan jalan pun tidak boleh membuat kita kehilangan kewaspadaan akan tindak kejahatan. Justru banyak cara para Penjahat itu untuk berbuat kejahatan...nah dibawah ini akan dipaparkan bagaimana cara-cara untuk mewaspadai tindak kejahatan saat sedang jalan - jalan, beserta sedikit pengingat bagaimana etika berjalan kaki yang gw tau.

Tips - tips saat sedang jalan kaki diseputaran Bandung :
1. Jika kalian sedang membawa tas selempang ataupun yang digendong, tas jangan ditaro langsung menghadap jalan.... Ngerti gak?? hehehe jadi gini kalo lagi jalan kaki usahakan tas nya berada disisi badan yang tidak langsung menghadap ke jalan raya, karena hal ituh akan memudahkan para penjambret yang menggunakan kendaraan untuk langsung menyambar tas.

2.jika kalian suka pake tas punggung coba sering ditengok tasnya...atau klo perlu benda-benda berharga kayak dompet dan HP jangan ditaro ditasnya. Dan amannya tas ditaro didepan atau samping deh, banyak kejadian pengguna tas punggung tidak sadar tasnya sudah dibuka dan diambil benda-benda berharganya.

3. Usahakan jangan menerima telepon atau ber sms ria jika sedang jalan jalan apa lagi kalo jalan-jalannya dia tempat ramai...si jambret pake motor tinggal ambil sajah biasanya..bete kann lagi asik asik nelepon secepat kilat ada tangan jahil yg ngambil Hp ..

Berhubung dulu gw kuliah di daerah Surya Sumantri tips ini muncul karena kejadian kejadian yang udah kejadian oleh teman-teman gw. jadi bisa dibilang daerah surya sumantri, dan Cibogo rawan jambret yang ngincer mahasiswa dan mahasiswi yang memang rame beredar didaerah itu.

Disukakarya misalnya temen gw lagi asik jalan mau kuliah secepat kilat ada jambret pake motor ngambil tasnya yg digendong dan itu kejadiannya siang hari, di suryasumantri adalagi temen gw lagi jalan kearah Salon Anata pake tas punggung...tau tau dia baru sadar pas buka tas, Hapenya udah raib, dompetnya aman karena ditaro disaku celana ini pun kejadiannya siang-siang.

Malem malem juga sama saja...usahakan kalau jalan rame-rame agar tidak jadi korban perampokan atau kalau harus sendiri..cari tempat-tempat umum yang rame terutama buat mahasiswa/i yang baru pulang kuliah menuju kosan sering jadi inceran tuh....

Mari ber etika saat berjalan-jalan
tulisan pendek ini dibuat karena prihatin dengan tingkah polah masyarakat yang kurang sadar etika saat berjalan-jalan. dan ini juga suatu pertanda betapa rendahnya kesadaran etika orang-orang kebanyakan...
tanpa bermaksud mendiskreditkan pria...tapi dari hal-hal kecil ini juga ketauan bahwa "kebanyakan" gak semua Pria tau Etika saat sedang bejalan kaki "gak gentle tuw"...

1. Kalau jalan kaki dengan temen wanita mau dengan nenek-nenek, ibu-ibu, apalagi anak-anak....please deh "Cowo HARUS berjalan disamping Wanita itu disisi yang langsung berhadapan dengan jalan raya", sering gw perhatiin dimana mana malah wanita yang seolah olah jd pelindung pria dengan jalan disamping pria tapi disisi jalan raya langsung ckckckck...

Tanya deh ke temen-temen cowo gw klo lagi jalan sama gw dia posisinya salah pasti gw tegur "harusnya lo jalan di sebelah sini.." kata temen pria gw "halah emang lo cewe gwahahaha" peace!!

2. Kalau nyebrang juga sama yaaa....pria yang harusnya nyetop nyetop kendaraan lhoo bukan wanita...ayo tunjukkan kalo memang Gentleman (yang nulis kesel sama seringnya para pria yang selonong boy gak beretika di jalan).

3. Prinsipnya dimana mana "Lady's First" dahulukan wanita...apalagi kalo di fasilitas publik.

Saran dan Kritik silahkan dilayangkan....jangan malu malu yaa...
mau nambahin tips tips nya bolehhh....

1 komentar:

OKTA, ST. mengatakan...

Stuju bgt ka anne..yg pertama soal penjambret bermotor..secara gw dah pernah ngalain..mknya dah ga berani lg pake tas cewe...trus tas sll gw pegang erat2..plus buat etika cowo thd cewenya..hrs dijlnin ya...GBU